Online Marketing

Online Marketing

Online MarketingOnline Marketing atau disebut juga Internet Marketing adalah usaha pemasaran yang dilakukan melalui internet, dan merupakan sebuah celah usaha yang baik untuk mendapatkan penghasilan.
Jika Anda belum tahu bagaimana untuk menjadi sukses di internet marketing, mungkin Anda akan kehilangan penghasilan yang lebih besar. Dan apa yang Anda akan baca dalam artikel ini akan membantu Anda untuk memiliki karir yang sukses di bidang internet marketing.
Kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui Internet disebut bisnis online. Siapapun Anda dan dimanapun berada, bisa menjalankan usaha seperti ini dengan syarat utama harus punya koneksi internet yang memadai. Entah sudah berapa ratus juta orang dari berbagai belahan dunia ini yang setiap harinya menggunakan internet.
Dunia internet ini merupakan media pasar yang terbuka, tanpa harus ada birokrasi yang berbelit-belit dan tidak banyak menghabiskan biaya alias murah. Anda bisa menjual sebuah produk barang atau jasa ke seluruh dunia tanpa harus bepergian meninggalkan rumah.
Bisa memasarkan produk milik sendiri atau produk milik orang lain tanpa harus bertemu atau bertatap muka antara pembeli dan konsumen. Dunia belahan manapun ada di depan Anda, yang bisa di jelajah dengan hanya menggunakan mouse saja.
Berikut ini adalah beberapa cara dan fasilitas untuk menjalankan bisnis Online Marketing.

1.   Website Atau Blog
Luangkan waktu untuk mempelajari berbagai hal tentang desain web / blog. Ingat pepatah – belajar tak kenal usia. Banyak sekali informasi yang bisa Anda dapatkan secara online tentang pengetahuan dan cara mempelajari bahasa pengkodean CSS atau HTML, yang akan membantu Anda dalam membuat dan menentukan jenis desain web / blog. 
Jadwalkan waktu luang Anda sekitar 1 atau 2 jam per hari untuk menyusun dan mengutak-atik situs Anda, dan sudah pasti, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang berharga.
Online Marketing 02Untuk tahapan awal, jika Anda tidak ingin dibuat pusing dengan berbagai pengkodean dan bahasa pemrograman yang rumit, Anda juga bisa gunakan berbagai layanan gratis yang tersedia secara online, yang tentunya masih banyak batasan-batasan yang mungkin tidak sesuai dengan selera / idealis Anda. Tapi sebagai tahap awal atau sebagai pengenalan dasar tentang blogging, itu semua sudah cukup membuat kita puas.
Anda bisa mendaftar dan membuat web / blog gratisan dari berbagai hosting yang banyak tersebar di internet, seperti Google, Wordpress, Weebly, dan sebagainya.

2.   Artikel dan Informasi

Buatlah karya tulis atau artikel sesuai keinginan Anda. Tidak perlu berpikir jauh dulu untuk mencari dan menemukan jenis-jenis artikel apa yang akan disukai pembaca. Karena hal tersebut justru akan membuat Anda menjadi bingung untuk memilih dan menentukan artikel mana yang akan dicantumkan pada situs Anda.
Online Marketing 03Jangan menunda-nunda, langsung saja menulis / mengetikkan postingan. Anggap saja Anda sedang mencurahkan isi hati (curhat) dari pribadi Anda sendiri. Anggap bahwa situs yang Anda kelola itu sebagai buku diary / tempat curhatan Anda pribadi. Paling tidak, Anda akan menemukan rasa nyaman dan mulai menyukai berkarya dalam pembuatan artikel / postingan.
Tahap awal penulisan artikel dengan cara seperti ini secara tidak langsung akan membuat Anda merasa betah untuk menulis. Anda tidak perlu dipusingkan dulu dengan jenis tampilan / gaya / warna dari situs Anda. Karena yang disukai dan dibutuhkan banyak orang / pengunjung adalah “informasi”, bukan tampilan / warna.
Tampilan / gaya dari situs Anda yang secanggih apapun hanya akan menjadi perhatian sesaat. Tapi “mutu” dari tulisan / informasi yang ada pada situs Anda, itulah yang dapat menentukan seberapa lama dan seberapa banyak pengunjung yang menggunakan situs Anda.
Online Marketing 04Perlu Anda ingat, bahwa keinginan untuk mengatur tampilan / gaya dari situs Anda, justru akan membuang waktu Anda secara sia-sia. Karena sering terjadi ketidakcocokan selera pada tampilan tersebut. Kecuali jika Anda sudah pandai dan mengerti bahasa pemrograman yang berbasis HTML / CSS.
Adapun untuk mengatur tata letak / layout dan tampilan dari situs Anda, bisa dilakukan nanti atau di kemudian hari setelah Anda merasa cukup untuk menyebarkan informasi / tulisan Anda. Atau bisa juga pada saat dimana Anda sedang tidak mood untuk menulis. Atau pada waktu luang, atau pada waktu santai lainnya.

3.  Fasilitas Buku Tamu

Jika Anda sudah mempunyai blog atau website, jangan lupa untuk menyertakan fasilitas buku tamu di website Anda – biasanya disertakan di bagian bawah halaman blog / web. Jika ada pengunjung yang membuka situs Anda dan mendaftar di buku tamu, berarti pengunjung tersebut akan merasa seperti sudah memiliki saham / kepemilikan atas situs Anda. Dan dengan meningkatkan standar personalisasi pada website Anda adalah suatu hal yang penting untuk ditindaklanjuti bagi para pengunjung yang sudah menjadi anggota situs Anda.

4.  Situs Media Sosial

Manfaatkan semua situs media sosial untuk kampanye pemasaran situs milik Anda. Buat tombol / icon Facebook “like”, tombol “share” ke Twitter dan juga tombol Google+ (GooglePlus). Semua Tombol-tombol ini harus ada pada semua halaman situs / postingan Anda! Hal ini akan sangat membantu untuk menyebarkan luaskan situs dan layanan yang Anda pasarkan.
Online MarketingFacebook adalah cara gratis untuk menyempurnakan pemasaran online Anda. Saat ini Facebook sudah sangat banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Anda dapat menjangkau calon pengunjung dari berbagai belahan dunia yang lebih luas. Dengan demikian, cara ini bisa membuat situs Anda lebih dikenal oleh orang-orang di mana saja untuk datang berkunjung dan menemukan berbagai informasi pada situs Anda.

5.  Belajar Dan Yakin

Memperoleh penghasilan dari online marketing bukanlah sebuah cara cepat untuk menjadi kaya. Tapi paling tidak, kita tetap termotivasi untuk terus belajar dan yakin. Semakin banyak belajar, semakin banyak kita tahu. Semakin banyak kita tahu, semakin bijak kita menentukan sesuatu. Semakin cerdik kita meneliti dan menemukan peluang.
Online Marketing 06Masing-masing orang berbeda cara dan strategi dalam memulai bisnis dengan situs pribadinya. Ada yang langsung mencari-cari peluang bisnis dengan marketing online sebagai perantara penjual jasa / produk (affiliate marketing), ada juga yang berkeyakinan bahwa dengan tulisan dan artikel yang bermutu lah justru yang dapat mendatangkan uang. Karena jika situs kita sudah banyak dikunjungi oleh ribuan orang, maka para produsen dan pengusaha, akan segera menghubungi kita untuk menggunakan situs kita sebagai media pemasaran produk nya.
Dan sebetulnya masih sangat-sangat banyak dan sangat-sangat pelik tentang pengetahuan teknik dan strategi pemasaran online yang harus dibahas. Tapi untuk tahap awal, tetap berprinsip “tidak perlu berpikir jauh dulu”. Buat nyaman dulu dan sukai dulu berkarya. Karena hasil usaha dari marketing online tidak bisa langsung dirasakan esok hari. Anggaplah sebagai sebuah tabungan yang dapat dirasakan di kemudian hari.
Jika Anda masih belum merasa puas dengan postingan saya ini, silahkan Anda cari referensi lainnya yang banyak tersebar di internet. Good Luck!

0 komentar :

Post a Comment