Manfaat Google Trend

Facebook, Google+, Twitter, Linkedin, Youtube

Diantara semua media sosial yang ada saat ini, yang mana sih yang paling banyak digemari / digunakan oleh seluruh dunia?. Mungkin di antara kita ada yang pernah berpikir seperti itu, walaupun tidak segera bertindak untuk mengetahuinya.  Karena memang mungkin dirasa tidak terlalu penting.
Tapi bagi kalangan pebisnis online, penggunaan media sosial bisa dijadikan alat pemasaran yang menjanjikan.  Disamping biaya yang relatif murah, juga sasaran pasarnya bisa menjangkau semua calon konsumen dari seluruh dunia.
Google Trend
Bagi Anda yang sudah berprofesi sebagai online marketer (pemasaran melalui internet) atau affiliate marketer atau sejenisnya, dari gambar grafik tersebut pasti akan berpengaruh terhadap keputusan bisnis Anda.  Dan Anda sebagai decision maker nya, akan langsung mengambil tindakan bijak untuk kepentingan bisnis Anda.
Data grafik yang saya peroleh tersebut, Anda juga dapat menggunakannya secara gratis dan online dari Google Trend. Anda tinggal browsing ke situs tersebut dan manfaatkan semua fasilitas dari menu yang tersedia sesuai kebutuhan Anda.
Dalam hal ini Google Company ternyata sangat dermawan dalam hal menyediakan berbagai layanan jasa gratis untuk siapa saja dari seluruh dunia., untuk menggunakan berbagai fasilitasnya, seperti Blogger, Google Doc, Google Drive, Picasa Web Album, dan masih banyak lagi.  Dan satu hal lagi yang saya merasa salut, untuk menggunakan fasilitas ini, Anda tidak perlu login atau daftar menjadi anggota, dan tidak harus mempunyai akun gmail. Kecuali untuk fasilitas yang lainnya Anda harus mempunyai akun gmail dan login sebagai anggota.
Hufffttt, hebat banget yah perusahaan ini?.  Tapi jangan kaget lho, kalau perusahaan Google ini penghasilannya bisa mencapai triliunan rupiah dalam sebulan!. Salah satu pendapatan adalah karena semua pengguna internet sering menggunakan fasilitas search engine milik Google.
Kita bahas lagi mengenai penggunaan fasilitas Google Trend tadi.
Halaman pertama yang tampil pada situs tersebut gambarannya seperti di bawah ini.  Dan untuk menggunakannya silahkan tentukan sendiri oleh Anda tentang informasi apa yang ingin diketahui.
Pada sudut kiri atas halaman yang ditandai kotak merah, adalah untuk memunculkan menu utama, (seperti kebanyakan bentuk tampilan pada aplikasi android).
Main MenuMain Page
Tanda kotak merah lainnya yang bertulisan “indonesia” dan “2015”, adalah menu pilihan untuk menentukan batasan-batasan seperti apa yang Anda kehendaki.  Adapun untuk menu lain di sampingnya bisa anda biarkan saja.
Pada kotak merah lainnya yang bertuliskan “Add item”, adalah menu / kotak isian untuk mengetikkan kata yang dikehendaki. Seperti contoh gambar di bawah ini, saya mengetikkan beberapa kata secara iseng saja.  Kira-kira, di antara perbandingan wanita, yang mana sih yang lebih banyak dicari?  Dan ternyata, apapun yang ingin diketahui, fasilitas Google Trend bisa menjawabnya dengan hasil yang sangat memuaskan.
Hemmmhh, ternyata yang lebih laku dan banyak dicari itu “tante-tante” yah daripada “perawan”?  wakakaaaaaa !
Tapi begitulah teknologi, kemajuan dan berbagai kemudahannya bisa dimanfaatkan sesuai pola pikir kita.  Apakah akan dipergunakan untuk sesuatu yang negatif, atau positif.  Bisa menguntungkan, atau bahkan merugikan.
So, the decision is yours!
Seperti pada gambar grafik di bawah ini,  kita ambil contoh saja bahwa kita akan memulai atau membuka sebuah bisnis baru, baik itu bisnis offline maupun bisnis online.  Kira-kira, bisnis apa ya yang lagi nge-trendsekarang ini?
Lalu saya mengetikkan beberapa kata yang berkaitan dengan usaha pakaian atau busana yang dibutuhkan sehari-hari seperti; “tas, sepatu, celana, dan pakaian”.
Google Trend
Nah,  dari grafik pencarian tersebut, kita bisa terbantu untuk mengambil keputusan, bahwa ternyata, yang banyak dicari dan dibutuhkan calon pembeli adalah produk “baju” atau “pakaian”.
Kenapa dalam grafik tersebut lebih banyak orang yang mencari dengan kata “baju” daripada “pakaian”? Karena yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh orang-orang adalah “baju”, bukan seluruh “pakaian atas / bawah”.  Seperti “baju tidur, baju muslim, baju pengantin”, dan sebagainya.
Walaupun sebenarnya penggunaan kata “baju” yang lebih tepat dan luas adalah “pakaian”, akan tetapi dalam mengetikkan sebuah kata untuk mencari sesuatu, kita cenderung malas untuk mengetikkan kata-kata yang panjang. Seperti "pakaian pengantin" dan "pakaian tidur" yang lengkap atas dan bawah, tetap saja kita menyebutnya "baju pengantin" dan "baju tidur".
Mungkin bagi Anda yang memang hanya mau memulai  bisnis offline, tidak begitu terpengaruh dengan perbedaan / makna kata.  Tapi bagi para pebisnis online, dari perbedaan hasil grafik tersebut sangat membantu sekali dalam hal “menentukan” penggunaan “sebuah kata” pada saat pembuatan iklan yang akan disebarkan melalui internet.  Dengan tujuan agar iklan yang nantinya akan disebarkan tersebut bisa lebih sering tampil pada mesin pencari di internet.
Hemmmh, cukup sekian dulu yah artikelnya?  Nanti kalo kepanjangan malah ngelantur gak karuan deh.  he heee.
But thanks anyway for reading this post.  Good Luck !

0 komentar :

Post a Comment