Agama Islam, Pengertian

A G A M A I S L A M

Agama Islam

A. PENGERTIAN AGAMA ISLAM

Sebelum membahas ruang lingkup agama Islam (dinul Islam), terlebih dahulu harus dipahami arti Islam.  Kata “islam”, berasal dari kata “as-la-ma, yus-li-mu, is-la-man”, artinya tunduk, patuh, berserah diri.  Kata islam terambil dari kata dasar “sa-la-ma, atau sa-li-ma” yang artinya selamat, sejahtera, tidak cacat, tidak tercela. Dari kata “sa-la-ma”  itu juga terbentuk kata salmun  yang artinya damai  dan patuh.
Di dalam al-Quran,  kata “agama” banyak menggunakan kata “din”.  Sedangkan kata din itu sendiri mempunyai arti yang berbeda-beda, seperti :
1. 1. Din berarti agama. Dalam surat Al-Fath ayat 28 disebutkan;
Agama Islam_001.png
Hual-ladzii arsala rosuulahuu bil hudaa wa diinil haq-qi liyudzh-hirohu ‘alad diini kul-lihii wakafaa bil Laahi syahiidaa.
Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Alloh  sebagai saksi.
2. Din berarti keta’atan. Dalam surat Az-Zumar ayat 2 disebutkan;
Agama Islam_002.png
In-naa angzalnaa ilaikal kitaabi bil haq-qi fa’-budil-Laaha mukhlishol lahud diin.
Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al-Quran) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Alloh  dengan memurnikan keta’atan kepada-Nya
3. Din berarti hari pembalasan / qiamat. Surat asy-Syu’roo ayat 82;
Agama Islam_003.png
Wal-ladzii athma’u ay-yaghfiro lii khothii-atii yaumad diin.
Dan (Alloh) Yang amat ku inginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat.
Islam, adalah agama yang mengimani (meyakini) satu Tuhan, yaitu Alloh. Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Alloh”.  Penganut Islam laki-laki disebut Muslimin, sedang-kan wanita disebut Muslimat.
Agama Islam diturunkan oleh Alloh SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada seluruh ummat manusia. Dengan agama inilah Alloh menutup agama-agama sebelumnya. Alloh telah menyempurnakan agama ini bagi manusia. Dengan agama Islam ini pula Alloh menyempurnakan nikmat atas kita, seluruh ummat manusia. Alloh hanya meridhoi Islam sebagai agama yang harus dipeluk oleh hamba-hamba Nya. Oleh sebab itu tidak ada suatu agama pun yang diterima selain agama Islam.
Seperti yang telah disebutkan, kata “Islam” mempunyai banyak arti diantaranya kedamaian atau keselamatan. Atau agama yang menuntun dan menunjukkan kepada manusia untuk menuju jalan keselamatan, dan membawa kebahagiaan yang diliputi suasana aman dan tentram, sebagaimana yang diinginkan oleh seluruh insan di alam ini.
Islam merupakan agama penyempurna bagi agama-agama sebelumnya yang di bawa oleh nabi-nabi sebelum Muhammad. Sesuai dengan firman Alloh:
Agama Islam_004.png
Alyauma akmaltu lakum diinakum wa atmamtu ‘alaikum ni’-matii warodhiitu lakumul islaama diinaa.
Pada hari ini Aku telah sempurnakan bagi kalian agama kalian, dan Aku telah cukupkan nikmat-Ku atas kalian dan Aku pun telah ridha Islam menjadi agama bagi kalian. (QS.Al-Maa’idah: 3)
Alloh Ta’ala  berfirman:
Agama Islam_005.png
Maa kaana muham-madun abaa ahadim mir rijaalikum walakir rosuulil-Laahi wakhootaman nabiy-yiina, wakaanal-Loohu bikul-li syai-in ‘aliimaa.
Muhammad itu bukanlah seorang ayah dari salah seorang lelaki diantara kalian, akan tetapi dia adalah utusan Alloh dan penutup para Nabi. (QS.Al-Ahzaab:40)
B. PENGHIMPUN KEBENARAN
Agama Islam itu merupakan agama yang menghimpun semua kebenaran, dari agama-agama yang pernah diajarkan oleh para nabi sebelum Nabi Muhammad SAW,  untuk diyakini kebenarannya dan diamalkan dalam kehidupan umat Islam.


Artikel lanjutan  ada di sini:  Pengertian Agama Islam
Jika Anda membutuhkan text "arabic" nya / file Word nya,  hubungi saya di: rasyied1972@gmail.com

0 komentar :

Post a Comment