Teknik Berhitung Dengan Jarimatika

Berhitung Dengan Jari Tangan

perkalian-7x6Jarimatika adalah teknik berhitung, yang istilah katanya berasal dari gabungan kata ”jari” & ”aritmetika”, artinya cara atau proses hitungan dengan menggunakan fungsi jari tangan sebagai alat bantu mengoperasikan hitungan matematika.
Operasi berhitung yang umum pada matematika tersebut adalah penjumlahan (tambah), pengurangan, perkalian dan pembagian. Logika penghitungan teknik jarimatika ini mirip dengan logika penggunaan alat hitung sempoa.
Metode ini sangat mengasyikkan untuk dipelajari dan tidak sulit untuk dipraktekkan, karena jika sudah terbiasa, teknik jarimatika ini tidak membebani memori otak dan “alat”nya selalu tersedia. Bahkan jika digunakan dalam ujian tidak perlu khawatir “alat”nya akan dilarang atau disita, atau takut ketinggalan di rumah karena alatnya adalah jari tangan kita sendiri.
Dalam teknik jarimatika, jari-jari tangan bagian kanan digunakan sebagai lambang angka satuan, sedangkan jari-jari tangan bagian kiri digunakan sebagai lambang angka puluhan.

Page : 123

4 komentar :

  1. Masih hrs trs di asah nih..buat didik cucu..😊

    ReplyDelete
  2. @La Ode: sama2 Boss, mari kita cerdaskan sdm anak2 kita, biar gak ketergantungan sama kalkulator elektronik. Saya juga masih bingung kok. he heee. :)

    @Rosalia: Betul banget bu, saya juga susah banget mencerna nya, mungkin karna faktor usia. baiknya dicoba langsung sm cucu nya, krn logika dan kecerdasan mereka masih fresh. Good Luck! :)

    ReplyDelete
  3. wah susah juga ya belar berhitung dangan jari ya??? :)

    ReplyDelete