Hemat Energi


Hemat Energi dengan Energy Saving

1. Pendahuluan

Hidup di zaman modern seperti saat ini, dibutuhkan efisiensi dalam penggunaan energi.  Dengan sistem manajemen energi yang baik, hidup terasa nyaman dan lebih menyenangkan.  Isu pemanasan global (global warming) terus saja bergulir.  Setiap tahun atau saat Hari Bumi (22 April) diperingati masyarakat sedunia, isu pemanasan global selalu menjadi topik hangat yang selalu dibicarakan. Tapi, apakah kita sudah melakukan tindakan nyata terhadap isu lingkungan yang mendunia itu? 

Sebenarnya tidaklah sulit jika kita ingin mendukung penyelamatan bumi dari pemanasan global.  Cobalah rekonstruksi ulang kebiasaan kita dalam mengkonsumsi energi, seperti penggunaan energi listrik misalnya.  Karena seharusnya kita bisa melakukan penghematan energi listrik di dalam rumah.  Misalnya dengan mematikan listrik saat tidak digunakan, atau bisa juga dengan menggunakan lampu yang hemat energi.
Seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan gaya hidup modern, kini kita bisa dengan mudah dan tersistem dalam melakukan tindakan penghematan listrik.  Seperti diketahui, dalam operasional sebuah hunian, penggunaan energi listrik boleh dibilang yang terbesar.  Dan ini menjadi cost center yang rutin dikeluarkan setiap bulan.  Padahal, jika kita mau melakukan efisiensi, maka kita dapat memangkas biaya penggunaan listrik dan menghemat konsumsi energi.

2.  Hemat Listrik Demi Masa Depan

Dampak dari pemborosan energi listrik, air dan sumber daya lainnya umumnya bersifat negatif serta akan memberikan kerugian bagi kita semua di masa yang akan datang.  Di tengah masih banyaknya masyarakat yang belum menikmati listrik, suatu fakta yang ironis bahwa sebagian masyarakat yang lain belum menunjukkan kepedulian yang maksimal akan arti penting listrik dan arti penting menjaga keberlanjutan pasokannya.  Salah satu di antaranya tercermin dari sikap hidup boros dalam menggunakan energi listrik.  Ketidak-efisienan ini pula yang antara lain ikut mendorong terjadinya padam listrik.
Efisiensi yang kita butuhkan kini bukan hanya mematikan alat yang tidak sedang terpakai. Kita membutuhkan sebuah perubahan perilaku yang mendasar, atau yang biasa disebut sebagai budaya hemat listrik.  Artinya kita harus mulai jeli pada peralatan listrik yang kita pakai sehari-hari.  Misalkan mulai pilih peralatan hemat energi.  Walau sedikit mahal, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan di kemudian.  Tak hanya untuk Anda, tapi untuk semua manusia.
Peningkatan jumlah pengguna listrik terus meningkat, namun jumlah energi yang terbatas mengharuskan kita untuk berhemat. Seperti yang kita ketahui bahwa sumber daya energi di bumi jumlahnya terbatas, sementara kebutuhan akan listrik terus meningkat jika kita menggunakan energi secara berlebih akan mengganggu kelangsungan hidup alam ini, untuk itu harus-lah ada solusi yang tepat dalam menangani permasalahan ini.

Untuk pembahasan lanjutan, silahkan klik tautan berikut ini: Hemat energi dengan Saving Energy.

0 komentar :

Post a Comment