Data Digital Hilang? Jangan Panik!

Keep Calm and Don’t Panic !

Apakah Anda kehilangan data digital seperti file-file foto atau data komputer lainnya? Data yang ada di memory card, flashdisk atau harddisk laptop Anda yang sudah tidak ada itu ternyata sangat penting sekali? Gak usah panik. Serahkan semua pada ahlinya! Loh? Ini mau iklan apa mau berbagi solusi neh? He heee, santai Boooosss.
Jika Anda mengalami hal tersebut, pasti sangat kesal dan panik, karena Anda tidak tahu harus berbuat apa. Sedangkan data atau berkas-berkas tersebut sangat penting sekali bagi Anda, apalagi jika data-data tersebut berkaitan dengan urusan bisnis atau pekerjaan. Kebayang kan kalo foto-foto kenangan lama atau foto pribadi Anda hilang? Atau data skripsi yang dengan susah payah disusun berbulan-bulan hilang? Atau data pekerjaan yang harus dipresentasikan ke perusahaan hilang?
Okkayyyy, let’s get to the point. Di sini saya akan berbagi cara untuk mengatasi masalah Anda dengan menemukan dan mengangkat kembali (unerase / recover) semua data yang hilang tersebut. Baik itu karena terhapus, terformat, atau mungkin karena tertimpa oleh instalasi software (Operating System) yang baru. Kecuali jika memang terdapat kerusakan fatal pada device penyimpanan data nya, atau data yang direkam pada kepingan CD / CDR yang rusak, maka saya tidak dapat membantu Anda. Saya hanya menyarankan Anda untuk mengurut dada saja dan menerima nasib dengan ikhlas. He heee.
Sebetulnya cara penanganan masalah seperti ini sudah bertahun-tahun lamanya menjadi andalan saya sebagai seorang maintenance di bidang komputer. Dan profesi sebagai problem solving seperti ini memerlukan kesabaran dan ketelitian yang tinggi. Karena jika kita kurang peduli dengan yang namanya data atau arsip orang lain, maka profesi ini tidak akan mendapatkan kepercayaan dari para konsumen yang bersedia mengeluarkan uang untuk kita.

Page : 12

0 komentar :

Post a Comment